Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara

Authors

  • Hosaini Hosaini Universitas Bondowoso, Indonesia
  • Erfandi Erfandi Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2017.1.1.1-36

Keywords:

Studi Komparasi, Pendidikan Karakter, Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari, Ki Hadjar Dewantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara, serta mengetahui relevansi konsep pendidikan karakter dari kedua tokoh tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif, dengan metode komparasi dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan/library research, yaitu pengumpulan data yang bersifat kepustakaan.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari adalah upaya membentuk manusia secara utuh baik jasmani maupun rohani, sehingga manusia dapat bertaqwa kepada Allah dengan benar-benar mengamalkan segala perintah-Nya mampu menegakkan keadilan di muka bumi, beramal shaleh dan maslahat, pantas menyandang predikat sebagai makhluk yang paling mulia dan lebih tinggi derajatnya dari segala jenis makhluk Allah yang lain. Adapun konsep pendidikan karakter dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara adalah usaha yang bermaksud memberi bimbingan, tuntunan dan arahan bagi tumbuhnya anak didik sesuai dengan kodratnya agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. pemikiran konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara sangat relevan untuk pendidikan saat ini, mengingat beberapa komponen pendidikan karakter di Indonesia meliputi makna dan tujuan pendidikan, makna dan landasan filosofis karakter, serta paradigma pendidikan karakter memiliki keterkaitan yang signifikan. terkait dengan pendidikan karakter pendidik dan anak didik dapat dikatakan sebagai insan kamil, maka harus berpegang teguh kepada tauhid dan moral

References

Aulia Reza Bastian, Reformasi Pendidikan; Langkah-langkah Konsep Sistem dan Pemberdayaan Pendidikan dalam Rangka Desentralisasi Sistem Pendidikan Indosnesia, (Yogyakarta: Lapera Pusta Utama, 2002), 24

Undang-undang system pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003, Bab III pasal 3.

Undang-undang Dasar 1945 RI dan Amandemen Tahun 2002, bab XIII, pasal 31 ayat: 3

Undang-undang RI Nomor 17 Tahun 2007 tetang Rencana pembangunan Jangka Panjang Nasional 2005-2025

Jangka Panjang Nasional 2005-2025

Liputan6.com, diakses pada tanggal 20 November 2020 pukul 14.13

(http :// www.scribd.com, 28/10/2015), diakses pada tanggal 25 november 2020 pukul 12;30

Haryanto, Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, 4, diakses pada tanggal 27 november 2020 pukul 11;32

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003

Peraturan Presiden No 87 Pasal 2 Tahun 2017

Deny Setiawan, Implementasi Pendidikan Karakter Di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2019.

Muhammad Rifai, K. H. Hasyim Asy’ari (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2010), 85-86

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977), 24

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977), 24

Wandi Sudarto, Pendidikan Budi Pekerti Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di Sekolah Menengah Atas (SMA)Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. (Malang; UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014)

Dodit Widanarko, Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara, (Malang UIN Maulana malik Ibrahim Malang, 2014)

Nursida A. Rumeon, Relevansi Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dengan Pendidikan Islam, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2011)

Intan Ayu Eko Putri, Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Pandangan Islam. (Semarang: Institut Islam Wali Songo, 2012)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Tantangan-tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa Ini, (Bandung: Universitas Katolik Parahyangan, 2010).

Khaeran Efendi, Studi Pendidikan Akhlak; Studi atas Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan Hamka, Tesis (Selat Panjang: STAI NH Selat Panjang, 2010)

S.Margono, Metodelogi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007), 39

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosdakarya, 2007), .60-61

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim (Jombang: Turats al- Islamy, 1415 H), 11

Muhammad Hasyim Asy’ari Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim, 22

Mukani dalam Rifqoh Khasanah, telaah pemikiran hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dalam kitab adâb al-âlim wa al-muta‘allimdan relevansinya dengan sistem pendidikan nasional, Oasis , vol 3. No. 1 (Agustus 2018), 25

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), 17

Pupuh fathurrohman dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter.., 15

Muhammad Jafar Anwar, Membumikan Pendidikan Karakter..,38

Muhammad Hasyim asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…12-24

Burhanuddin Tamyiz, Akhlak Pesantren; Solusi bagi Kerusakan Pesantren (Yogyakarta: Ittaqa Press, 2001), 102-104

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional , 42

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…24

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…24

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…25

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…25

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…25

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…26

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…26

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…27

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…27

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…28

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…29

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…29

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…30

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…30

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…30

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…31

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…32

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…34

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…34

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…36

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…37

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…39

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…43

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…44

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…45

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…46

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…46

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…47

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…48

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…49

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…50

Muhammad Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim…51

Pupuh Fathurrohman dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter, 165

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti . Jakarta: Permendikbud.

Ki Hajar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, 1977), 483

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, 483

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, 21

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, 20

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, 14

Bartolomeus Tombo, Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Tantangantantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa Ini, (Bandung :Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan, 2010), 28

Ki Hajar Dewantara dkk, Taman Siswa 30 Tahun, (Yogyakarta: Majelis Luhur Perguruan Taman Siswa,1952), 53-57

Pranarka, Relevansi Ajaran-ajaran Ki Hadjar Dewantara Dewasa ini dan di masa yang akan Datang, (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Kebudayaan Sarjana Tamansiswa,1986), 12

Undang-undang Dasar Negara Republik Indoensia Tahun 1945

Lickona, T. Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsibility, (New York: Bantan Books, 1991.)

Ki Hadjar Dewantara, Karya Bagian Pertama Pendidikan, 13

Ki Gunawan, Aktualisasi konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam system pendidikan nasional Indonesia di Gerbang XXI, (Yogyakarta: MLPTS, 1989), 20

Ki Muchammad Said Reksohadiprodjo, Masalah-masalah Pendidikan Nasional (Jakarta: CV. Haji Masagung, 1989), 47.

Pupuh Faturrohman, Pengembangan pendidikan karakter, 161

Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung: ALFABETA, 2007), Uyoh Sadulloh, Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung: ALFABETA, 2007),-139

Abdul Karim, Measuring The Performance of Teachers of SMPN 6 Cilegon Based on Self-Concept and Teaching Motivation. Ilomata International Journal of Social Science. 21-28, No. 2 (1), 2021.

Andi Agustina, Misykat Malik Ibrahim, Andi Maulana, Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada MTsN Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, (Juni 2020).

Andrews, J. J. W., Teaching Effectiveness. Encyclopedia of Applied Psychology. Retrieved from http://ezproxy.mica.edu:2060/entry/estappliedpsyc/teaching_effectiveness, 2004.

Dale H Schunk, Learning Theories: An Educational Perspective. 6th ed. Boston, MA: Pearson Education Inc. 2018. 236-241.

E. Y. Pramularso, Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. (Jakarta: Widya Cipta. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2018), 2(1) 40–46.

Frank. J Landy, M. Conte Jeffrey, Work In The 21s Century: An Introduction To Industrial And Organizational Psychology, (New York: The McGraw-Hill Companies, 2005).

Gitarani Pramudya dan Rahayu Mardikaningsih, Peningkatan Kinerja Guru Melalui Motivasi Diri, Konsep Diri Dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1, No. 1 (2021), 9-22.

Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), 71.

Hurlock. B, Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2005), 237.

Jeni Defita, Mugio Hartono, Nasuka. Performance Analysis, Self-Concept, and Motivation of Physical Education Teachers at SMPN Sungai Lilin Subdistrict, Musi Banyuasin Regency. Journal of Physical Education and Sports, 117-122, No.10 (2), 2021.

Jiying Han and Hongbiao Yin. Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogen Education, 1-18, Vol. 3 (1), 2016.

Kementrian Pendidikan Nasional, Tahun 2000.

Mathis, dkk, Manajemen sumber daya manusia. Buku 2 Jilid Pertama. Alih Bahasa Benyamin Molari. (Jakarta: Salemba Empat, 2002), 118.

Moh, As’ad, Psikologi Industri, (Yogyakarta: Liberty, 2008)

Pupuh Fathurrohman & Aa Suryana, Guru Profesional, (Bandung: PT Refika Aditama, (2012), 63.

Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tahun 2020-2024.

Reza Ahmadiansah, Psikologi Industri Dan Organisasi Tinjauan Motivasi dan Kepuasan Kerja, (Yogyakarta: Kreasi Total Media, 2020), 4.

Sondang P Siagian, Teori Motivasi dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), 142.

Umi Anugerah Izzati, Olievia Prabandini Mulyana, Psikologi Industri & Organisasi, (Surabaya: Bintang, 2019), 16.

Undang-Undang RI Tentang Guru Dan Dosen No.14 Bab 1 Pasal 1, 2005.

Utomo. H.B. Teacher Motivation Behavior: The Importance Of Personal Expectations, Need Satisfaction, And Work Climate. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 333-342, vol.2 (2), 2018.

Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.

Ruzakki, H. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH SUKEREJO. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192.

Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.

Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.

Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.

Hosaini, H. (2017). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 95-104.

Hosaini, H. (2018). Pendidikan Berbasis Entrepreneurship:(Persepektif Tinjauan Sosiologi Pendidikan). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 102-125.

Ali, M. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Imtima.

Angkawijaya, Y F, Studi Psikologi, and Universitas Pembangunan Jaya. 2017. “Peran Perguruan Tinggi Sebagai Agen Perubahan Moral Bangsa (Studi Kasus Peran Konsep Diri Terhadap Karakter Mulia Pada Mahasiswa Di Universitas X Surabaya).” WIDYAKALA JOURNAL : JOURNAL OF PEMBANGUNAN JAYA UNIVERSITY 4(1): 36–42. https://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/29 (June 2, 2023).

Anwar, Sahipul et al. 2019. “Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara Sebagai Agents of Social Change.” Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 4(2): 179–87. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/antrophos/article/view/11950 (December 25, 2023).

Azzarnuji. Syarah Ta’lim Al-Muta’allim. Surabaya: MaktabahAl-Hidayah.

Ibrahim, Muhammad bin Ismail bin Mughirah Al-Bukhori Ibnu Abdillah. Shahih Bukhari. Bairut.

Isa Abu Isan Al-Turmudzi Al-Silmi, Muhammad. Sunan Turmudzi. Beirut: Dar Ihya’ Al-Turats Al-Arabi.

Marlinah, Lili. 2019. “PENTINGNYA PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENCETAK SDM YANG BERJIWA INOVATOR DAN TECHNOPRENEUR MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0.” IKRAITH-EKONOMIKA 2(3): 17–25. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/647 (December 25, 2023).

Peningkatan, Slralegi et al. 2016. “STRATEGI PENINGKATAN KESIAPAN KERJA LULUSAN PERGURUAN TINGGI DI ERA PASAR BEBAS.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 3(3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/8733 (September 13, 2023).

QS. Al-Mujadalah (58):11.

Rauf, Fathurrahman. 2007. “Peran Perguruan Tinggi Islam Dalam Mencerdaskan Bangsa.” Al-Turas 13(2). https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/article/view/4255/0 (January 22, 2024).

Rif’ah, Islamiyah, Ummi Habibatul. 2022. “Pendidikan Islam Menjawab Tantangan Globalisasi.” Islam Universalia: International Journal of Islamic Studies and Social Sciences 4(1). https://ejournal.cyberdakwah.com/index.php/Islam-Universalia/article/view/211 (September 4, 2022).

Suprayogo, Pro. Dr. Imam. 2014. “Peran Strategis PTAIN Dalam Membangun Bangsa.” https://uin-malang.ac.id/r/140901/peran-strategis-ptain-dalam-membangun-bangsa.html.

Suwendi. 2020. “Merevitalisasi Peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.” https://kemenag.go.id/opini/merevitalisasi-peran-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-3irq94.

Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.

Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.

Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.

Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.

Hosaini, H., Anshor, A. M., Mauliyanti, A., & Waziroh, I. (2023, November). Islamic Studies and Islamic Discourse. In Progress Conference (Vol. 6, No. 1, pp. 337-345).

Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).

Halim, A. (2024). OPTIMIZATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA USAGE IN MADRASAH. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 114-127.

Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.

Maryam, S. (2024). STRATEGIES OF IMPLEMENTATION OF EDUCATION TECHNOLOGY IN MADRASAH. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.

Hosaini, S. P. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH Integrasi antara Sekolah dan Pesantren. CV Literasi Nusantara Abadi.

Guna, B. W. K., Hosaini, H., Haryanto, S., Haya, H., & Niam, M. F. (2024). MORALITY AND SOCIAL ASSISTANCE IN SCHOOLS. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 422-428.

Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.

Sanusi, I., Sholeh, M. I., & Samsudi, W. (2024). The Effect Of Using Robotics In Stem Learning On Student Learning Achievement At The Senior High School. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 3257-3265.

Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.

Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.

Hosaini, H., & Muslimin, M. (2024). INTEGRATION OF FORMAL EDUCATION AND ISLAMIC BOARDING SCHOOLS AS NEW PARADIGM FROM INDONESIAN PERSPECTIVE. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.

Badruzaman, A., Hosaini, H., & Halim, A. (2023). Bureaucracy, Situation, Discrimination, and Elite in Islamic Education Perspective of Digital Era. Bulletin of Science Education, 3(3), 179-191.

Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.

Firdaus, W., Eliya, I., & Sodik, A. J. F. (2020). The importance of character education in higher education (University) in building the quality students. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 59, pp. 2602-2606).

Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan. CV Literasi Nusantara Abadi.

Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.

Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.

Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). Efforts to improve teacher's professionalism in the teaching learning process. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.

Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.

Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.

Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).

Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.

Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.

Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.

Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.

Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). Paradigma Islam Moderat di Indonesia dalam Membentuk Perdamaian Dunia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.

Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.

Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).

Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Yazid, Ahmad bin Yazid Abu Abdillah Al-Ghazwaini. Sunan Ibnu Majah. Bairut: Dar Al-Fikri.

Zakariya, Yahya bin Syaraf Al-Nawawi Ibnu. Riyadl Al-Shalihin. Bairut: Al-Maktab Al-islami.

Downloads

Published

2017-07-02