Pendidikan Anak Perspektif Ibn Qayyim Al Jauziyyah
DOI:
https://doi.org/10.61595/edukais.2019.3.1.1-12Keywords:
Pendidikan,Anak,Ibn QayyimAbstract
Fitrah manusia terlahir dengan membawa ke-Islaman dan ketauhidan, serta potensi-potensi sebagai makhluk ciptaan Allah. Potensi dasar yang dimiliki anak ini,menjadikan bimbingan dan pendidikan yang diberikan kepada anak yang seharusnya bermuara pada pembentukan aqidah dasar dan pengembangan potensi yang dimiliki.Perhatian terhadap pendidikan anak sejak ber-abad silam sudah dilakukan para ahli dan ulama, setidaknya dari sudut pandang perkembangan anak, agar anak tumbuh menjadi manusia dewasa yang baik, mampu mengurus diri sendiri, tidak bergantung atau menimbulkan masalah pada orang lain. Ibn Qayyim Al-Jauzyyah sebagai ulama besar mempunyai pandangan-pandangan yang brilian tentang pentingnya masa awal perkembangan anak. Dari latar belakang pemikiran di atas, sungguh jelas bahwa pendidikan anak sangat penting dikaji dan diteliti untuk kemudian dicarikan format dan rumusannya baik dari sudut pandang falsafahnya maupun kurikulum yang ditetapkannya terutama yang muaranya dari ajaran yang bersumber dari al-Qur'an dan hadist. pandangan-pandangan brilian dari Ibn Qayyim Al-Jauzyyah adalah salah satu hazanah yang perlu dan menarik untuk diteliti, baik dari sisi Ibn Qayyim sendiri sebagai sosok ulama yang reformis ataupun dari sisi pemikirannya yang khusus mengenai pendidikan anak. Fokus penelitian ini ditekankan pada bagaimana pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauzy tentang pendidikan anak dan relevansinya dengan pendidikan zaman sekarang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research).Seluruh data penelitian pada literatur yang berkaitan dengan objek penelitian dalam hal ini adalah pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauzyyah tentang pendidikan anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi documenter terhadap hal yang berkaitan dengan pendidikan anak dalam perspektif Ibn Qayyim Al-Jauzyah. metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif-analitik. Metode deskriptif adalah satu laporan mengenai gejala yang telah diamati tanpa berusaha memberi keterangan pengertian, tanpa mengidentifikasi kaitan sebab-musababnya atau tanpa kondisi yang mendahului. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Biografi Ibn Qayyim Al-Jauziy terdiri dari: Setting Sosial Masa Hidupnya,Riwayat Pendidikannya,Karya-Karya dan Karakteristiknya (2) Eksistensi Manusia Menurut Ibn Qayyim adalah manusia secara utuh, sempurna dan menyeluruh. Manusia dalam pandangannya adalah perpaduan antara ruh, akal dan jasad (3) Konsep Pendidikan Anak Ibn Qayyim Al-Jauzyyah mengemukakan konsep pendidikan anak yang muaranya diatur oleh tuntunan al-Qur'an dan Sunnah. Ibn Qayyim juga menyoroti pentingnya melihat proses perkembangan anak dari waktu ke waktu.
References
Gunarsa, Singgih D, Dasar dan Teori Perkembangan Anak, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997
Hijazy, Hasan bin Ali,al- Al-Fikr al-Tarbiyah 'Inda Ibnu Qayyim Al-Jauzyah, terj.Muzaidi Abdullah,
(Jakarta: Pustaka Firdaus, 2001)
Jauzyah, Al, Ibnu Qayyim, Miftah Dar al-sa'adah, I dan II, (Bairut: Dar al-Kutb al-Ilmiyah, TT), tc.
.........................................., Tuhfah al-Maudud fi Ahkâm al-Maulud, Kairo: Maktabah al-Mutarabbi,
tt,tc
..........................................,Syifa ’u al-‘Alil fi Masa ’il al-Qadr wa al-Hikmah wa al-Ta ’lil, Beirut:
Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1986, tc
..........................................,Tuhfah al-Maudud fi Ahkâm al-Maulud, Kairo: Maktabah al-Mutarabbi,
tt,tc
Katsir, Ibn, al-Bidayah wa al-Nihayah, Kairo, Mathbaah al-Sa’adah, tt, Juz XIV, tc
M. Amin Rais, (1998) Tauhid Sosial: Formula Menggempur Kesenjangan, Bandung: Mizan
Mahfuzh, M. Jamaluddin, At-Tarbiyah al-Islamiyah li at-Thifli wa al-Murahiq, Trj.Abd. Rasyid Sidiq, Ahmad Fathir Zaman, (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2001) cet. Ke-4
Zed, Mestika,Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004, Cetakan ke-1
UU Sisdiknas Bab 1 no 13 hal. 4
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Buku Pedoman Santri “MANBAUL ULUM”, hal. 1/2
Buku Pedoman Santri “MANBAUL ULUM”, h. 2
Buku Pedoman Santri “MANBAUL ULUM”, h. 3
Buku Pedoman Santri “MANBAUL ULUM”, h. 3
Yamin Muhammad, Teori dan Metode Pembelajaran, (Malang Jatim : Madani, 2015), hal. 2-7
Mahmud, Model-model Kegiatan di Pesantren, (Tangerang: Media Nusantara, 2006), hal. 66
Bawazir Fuad & Samsul Arifin, 7 Rahasia Santri Sukses, (Pontianak Timur: CV. RAZKA PUSTAKA, 2018), hal. VIII
Ghazali Bahri, Pesantren berwawasan lingkunan, (Jakarta: CV. PRASASTI, 2003), hal. 19-20
Mahmud, Drs. H. MM, Model-model Kegiatan di Pesantren, (Tangerang: MEDIA NUSANTARA, 2006),hal. 3
Bawazir Fuad & Samsul Arifin, 7 Rahasia Santri Sukses, (Pontianak Timur: CV. RAZKA PUSTAKA, 2018), hal. 30
Bawazir Fuad & Samsul Arifin, 7 Rahasia Santri Sukses, (Pontianak Timur: CV. RAZKA PUSTAKA, 2018), hal. 18
Bawazir Fuad & Samsul Arifin, 7 Rahasia Santri Sukses, (Pontianak Timur: CV. RAZKA PUSTAKA, 2018),
Abdul Karim, Measuring The Performance of Teachers of SMPN 6 Cilegon Based on Self-Concept and Teaching Motivation. Ilomata International Journal of Social Science. 21-28, No. 2 (1), 2021.
Andi Agustina, Misykat Malik Ibrahim, Andi Maulana, Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada MTsN Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba, Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, (Juni 2020).
Andrews, J. J. W., Teaching Effectiveness. Encyclopedia of Applied Psychology. Retrieved from http://ezproxy.mica.edu:2060/entry/estappliedpsyc/teaching_effectiveness, 2004.
Dale H Schunk, Learning Theories: An Educational Perspective. 6th ed. Boston, MA: Pearson Education Inc. 2018. 236-241.
E. Y. Pramularso, Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan CV Inaura Anugerah Jakarta. (Jakarta: Widya Cipta. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2018), 2(1) 40–46.
Frank. J Landy, M. Conte Jeffrey, Work In The 21s Century: An Introduction To Industrial And Organizational Psychology, (New York: The McGraw-Hill Companies, 2005).
Gitarani Pramudya dan Rahayu Mardikaningsih, Peningkatan Kinerja Guru Melalui Motivasi Diri, Konsep Diri Dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto). Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1, No. 1 (2021), 9-22.
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), 71.
Hurlock. B, Psikologi Perkembangan Anak Jilid 2, (Jakarta: Erlangga, 2005), 237.
Jeni Defita, Mugio Hartono, Nasuka. Performance Analysis, Self-Concept, and Motivation of Physical Education Teachers at SMPN Sungai Lilin Subdistrict, Musi Banyuasin Regency. Journal of Physical Education and Sports, 117-122, No.10 (2), 2021.
Jiying Han and Hongbiao Yin. Teacher motivation: Definition, research development and implications for teachers. Cogen Education, 1-18, Vol. 3 (1), 2016.
Kementrian Pendidikan Nasional, Tahun 2000.
Mathis, dkk, Manajemen sumber daya manusia. Buku 2 Jilid Pertama. Alih Bahasa Benyamin Molari. (Jakarta: Salemba Empat, 2002), 118.
Moh, As’ad, Psikologi Industri, (Yogyakarta: Liberty, 2008)
Pupuh Fathurrohman & Aa Suryana, Guru Profesional, (Bandung: PT Refika Aditama, (2012), 63.
Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tahun 2020-2024.
Reza Ahmadiansah, Psikologi Industri Dan Organisasi Tinjauan Motivasi dan Kepuasan Kerja, (Yogyakarta: Kreasi Total Media, 2020), 4.
Sondang P Siagian, Teori Motivasi dan Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), 142.
Umi Anugerah Izzati, Olievia Prabandini Mulyana, Psikologi Industri & Organisasi, (Surabaya: Bintang, 2019), 16.
Undang-Undang RI Tentang Guru Dan Dosen No.14 Bab 1 Pasal 1, 2005.
Utomo. H.B. Teacher Motivation Behavior: The Importance Of Personal Expectations, Need Satisfaction, And Work Climate. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 333-342, vol.2 (2), 2018.
Hosaini, H., & Akhyak, A. (2024). Integration of Islam and Science in Interdisciplinary Islamic Studies. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 24-42.
Ruzakki, H. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SYAFI'IYAH SUKEREJO. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(2), 175-192.
Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).
Safitri, M. N., Heryandi, M. T., Muzammil, M., Waziroh, I., Hosaini, H., & Arifin, M. S. (2022). Menanamkan Nilai Nilai Qur'ani dalam Membangun Karakter Santri. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 6(2), 40-52.
Pathollah, A. G., & Hosaini, H. (2023). Aktualisasi Panca Kesadaran Santri dalam Moderasi Islam Pendidikan Pesantren. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 7(1), 79-98.
Maktumah, L., Minhaji, M., & Hosaini, H. (2023). Manajemen Konflik: Sebuah Analisis Sosiologis dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 684-699.
Hosaini, H. (2017). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(2), 95-104.
Hosaini, H. (2018). Pendidikan Berbasis Entrepreneurship:(Persepektif Tinjauan Sosiologi Pendidikan). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(2), 102-125.
Fikro, M. I. (2021). Negara Indonesia Persfektif Islam: Sebagai Bentuk Penguatan Wawasan Kebangsaan. Moderasi: Journal of Islamic Studies, 1(2), 165-181.
Hosaini, H., Zikra, A., Readi, A., & Adhim, F. (2022). Solidaritas Sosial dalam Khataman Al-Qur’an Virtual antar Negara (Studi Fenomenologi pada Tradisi Kegiatan Virtual Tenaga Kerja Indonesia Mancanegara). JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES, 11(1), 87-104.
Hosaini, H., Kholida, S., & Hadi, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI dengan CTL Untuk Mengurangi Kenakalan Siswa Di SDN 1 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(1), 76-98.
Hosaini, H., Manan, M. A., & Isnanto, D. (2023). Analisis Kinerja Guru Profesional Sertifikasi terhadap Kegiatan Pendidikan di Lingkungan Pondok Pesantren. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 123-128.
Hosaini, H., Anshor, A. M., Mauliyanti, A., & Waziroh, I. (2023, November). Islamic Studies and Islamic Discourse. In Progress Conference (Vol. 6, No. 1, pp. 337-345).
Hosaini, H., Ni'am, S., & Mahtum, R. (2023, December). Penguatan Nial-Nilai Moderasi Melalui Konsep Islam Rahmatan Lil Alamin di Era Four Point Zero. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 7, No. 1, pp. 85-93).
Halim, A. (2024). OPTIMIZATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA USAGE IN MADRASAH. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(1), 114-127.
Hosaini, H., Kandiri, K., Minhaji, M., & Alehirish, M. H. M. (2024). Human Values Based on Pancasila Viewed from Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(2), 539-549.
Maryam, S. (2024). STRATEGIES OF IMPLEMENTATION OF EDUCATION TECHNOLOGY IN MADRASAH. International Journal of Teaching and Learning, 2(6), 1466-1477.
Hosaini, S. P. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH Integrasi antara Sekolah dan Pesantren. CV Literasi Nusantara Abadi.
Guna, B. W. K., Hosaini, H., Haryanto, S., Haya, H., & Niam, M. F. (2024). MORALITY AND SOCIAL ASSISTANCE IN SCHOOLS. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 422-428.
Hosaini, H., Zainuddin, Z., Halim, A., Tawil, M. R., & Ifadhila, I. (2024). LEADERSHIP COLLABORATION AND PROFESSIONAL ETHICS BETWEEN TEACHERS. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIETY REVIEWS, 2(2), 460-471.
Sanusi, I., Sholeh, M. I., & Samsudi, W. (2024). The Effect Of Using Robotics In Stem Learning On Student Learning Achievement At The Senior High School. Educational Administration: Theory and Practice, 30(4), 3257-3265.
Hosaini, H., Ni’am, S., & Khamami, A. R. (2024). Navigating Islamic Education for National Character Development: Addressing Stagnation in Indonesia's Post-Conservative Turn Era. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 14(1), 57-78.
Fitri, A. Z. (2024). Evaluation, Supervision, and Control (ESC) Strategies in Student Drop-Out Management in Islamic Higher Education. Power System Technology, 48(1), 1589-1608.
Hosaini, H., & Muslimin, M. (2024). INTEGRATION OF FORMAL EDUCATION AND ISLAMIC BOARDING SCHOOLS AS NEW PARADIGM FROM INDONESIAN PERSPECTIVE. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 10(1), 107-121.
Badruzaman, A., Hosaini, H., & Halim, A. (2023). Bureaucracy, Situation, Discrimination, and Elite in Islamic Education Perspective of Digital Era. Bulletin of Science Education, 3(3), 179-191.
Hosaini, H. (2018). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 2(1), 65-83.
Firdaus, W., Eliya, I., & Sodik, A. J. F. (2020). The importance of character education in higher education (University) in building the quality students. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (Vol. 59, pp. 2602-2606).
Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan. CV Literasi Nusantara Abadi.
Hosaini, H. (2019). Behauvioristik Basid Learning Dalam Bingkai Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali:(Pembelajaran Berbasis Prilaku Dalam Pandangan Pendidikan Islam). Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 23-45.
Hosaini, H., & Erfandi, E. (2017). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan Ki Hadjar Dewantara. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 1(1), 1-36.
Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). Efforts to improve teacher's professionalism in the teaching learning process. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.
Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.
Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.
Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).
Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.
Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.
Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.
Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.
Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Muslimin, M., & Hosaini, H. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT AL-QUR’AN DAN HADITS. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 4(1), 67-75.
Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). Paradigma Islam Moderat di Indonesia dalam Membentuk Perdamaian Dunia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.
Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.
Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).
Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Yazid, Ahmad bin Yazid Abu Abdillah Al-Ghazwaini. Sunan Ibnu Majah. Bairut: Dar Al-Fikri.
Zakariya, Yahya bin Syaraf Al-Nawawi Ibnu. Riyadl Al-Shalihin. Bairut: Al-Maktab Al-islami.
Hosaini, H., Subaidi, S., Hamzah, M. Z., Simbolon, N. Y., & Sutiapermana, A. (2024). Tawheed-Based Pedagogy: Empowering Islamic Education Through Community Engagement And Pesantren Tradition. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 353-360.
Arifin, S., Chotib, M., Rahayu, N. W. I., Hosaini, H., & Samsudi, W. (2024). Kiai's Transformative Leadership in Developing an Organizational Culture of Islamic Boarding Schools: Multicase Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2).
Sulalah, A. A., Burhanuddin, A. R., Hosaini, H., & Kamil, N. A. (2023). Optimalisasi Potensi SDM Dalam Menanamkan Jiwa Entrepreneur Mama Muda di Desa Lombok Wetan. Salwatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 15-29.
PdI, Hosaini S., et al. Metode dan model pembelajaran untuk merdeka belajar. CV Kreator Cerdas Indonesia, 2022.
Supriatna, A., Nurhuda, H., Zulfikar, A. Y., & Saputra, M. (2022). Pembelajaran Akidah Akhlak.
Silaen, N. R., Indriana, I., Hasbi, I., Hadi, M. Y., Hosaini, H., Kuliman, K., ... & Mutolib, A. (2022). ASAS-ASAS MANAJEMEN.
Kurniawan, S. (2020). Implikasi Ekstra Kurikuler Terhadap Pendidikan Agama Islam. Nusantara Journal of Islamic Studies, 1(1), 66-73.