Reformulasi Pendidikan Ulama Ahli Hadits di Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.61595/edukais.2022.6.2.17-38Keywords:
Kitab kuning, pesantren, tradisi, dan ilmu haditsAbstract
Sebagai bagian dari pendidikan pesantren, setiap Ma’had Aly yang berkembang di Indonesia sejak tahun 1990 memiliki karakteristik dan nilai-nilai luhur tersendiri. Sejarah telah membuktikan kemandirian masing-masing pesantren dalam menjaga dan mempertahankan karkateristik dan nilai-nilai luhur tersebut. Ma;had Aly adalah penddikan khas pesantren jenjang tinggi. Diantara kekhasan yang dimiliki adalah basis ilmu dan bahan ajarnya menggunakan kitab kuning, metode belajar dengan menghafal, tradisi sorogan, bandongan, halaqah, dan wetonan. Untuk menyempurnakan beberappa kelemahan tradisi pendidikan pesantren, Ma’had Aly mengadopsi tardisi perguruan tinggi yang dipandang dapat mengantarkan kepada kemajuan ilmiah maupun amaliah, misanya dengan penguatan tradisi penelitian. Ma’had Aly Hasyim Asy’airiTebuireng termasuk pendidikan khas pesantren jenjang tinggi dengan spesialisasi ilmu hadits yang melakukan memformulasi kurikulum dan kelembagaan sebagaimana tradisi perguruan tinggi
References
Azra, Azyumardi, 1990. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta; Logos.
Departmen Pendidikan dan kebudayaan, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,
Keputusan Menteri Agama nomor 284 tahun 2001 tentang Ma’had Aly.
Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam nomor E/179/2001 tentang Pokok-Pokok Pedoman Penyelenggaraan Ma’had Aly
Mastuhu, 1994. Dinamika Sistem Pendidikaan Pesantren. Disertasi.
Masykhur, Anis MS, 2010. Menakar Modernisasi Pendidikan Pesantren. Depok: Barne Pustaka.
Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama nomor 71 tahun 2015 tentang Ma’had Aly.
Rahardjo, M. Dawam (ed.), 1988. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES
Ritzer, George dan Goodman, Douglas J, 2007. Teori Sosiologi Modern. Tarj. Alimandan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Wahid, Marzuki, 2001. Ma’had Aly: Nestapa Tradisionalisme dan Tradisi Akademik yang Hilang. Jurnal Taswirul Afkar, Edisi 11 tahun 2001, Jakarta: Lakpesdam.
Hosaini, S. P. I. (2021). Etika dan profesi keguruan.
Hosaini, H. (2020). Pembelajaran dalam era “new normal” di pondok pesantren Nurul Qarnain Jember tahun 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.
Samsudi, W., & Hosaini, H. (2020). Kebijakan Sekolah dalam Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Digital di Era Industri 4.0. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(2), 120-125.
Mahtum, R., & Zikra, A. (2022, November). Realizing Harmony between Religious People through Strengthening Moderation Values in Strengthening Community Resilience After the Covid 19 Pandemic. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) (Vol. 4, pp. 293-299).
Hosaini, H., & Samsudi, W. (2020). Menakar Moderatisme antar Umat Beragama di Desa Wisata Kebangsaan. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 4(1), 1-10.
Hosaini, H. (2020). Integrasi Konsep Keislaman Yang Rahmatan Lil ‘Alamin Menangkal Faham Ekstremisme Sebagai Ideologi Beragama Dalam Bingkai Aktifitas Kegiatan Keagmaan Mahasiswa Di Kampus Universitas Bondowoso. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(1), 12-30.
Hosaini, H., & Kurniawan, S. (2019). Manajemen Pesantren dalam Pembinaan Umat. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 3(2), 82-98.
Muis, A., Eriyanto, E., & Readi, A. (2022). Role of the Islamic Education teacher in the Moral Improvement of Learners. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3).
Halim, A., Hosaini, H., Zukin, A., & Mahtum, R. (2022). PARADIGMA ISLAM MODERAT DI INDONESIA DALAM MEMBENTUK PERDAMAIAN DUNIA. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 705-708.
Zukin, A., & Firdaus, M. (2022). Development Of Islamic Religious Education Books With Contextual Teaching And Learning. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Hosaini, H., Zikra, A., & Muslimin, M. (2022). EFFORTS TO IMPROVE TEACHER'S PROFESSIONALISM IN THE TEACHING LEARNING PROCESS. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 13(2), 265-294.
Salikin, H., Alfani, F. R., & Sayfullah, H. (2021). Traditional Madurese Engagement Amids the Social Change of the Kangean Society. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 32-42.
Hosaini, H., & Fikro, M. I. (2021). PANCASILA SEBAGAI WUJUD ISLAM RAHMATAN LI AL-ALAMIIN. Moderation| Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 91-98.
Hosaini, H. (2020). Ngaji Sosmed Tangkal Pemahaman Radikal melalui Pendampingan Komunitas Lansia dengan sajian Program Ngabari di Desa Sukorejo Sukowono Jember. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159-190.
Agustin, Y. D., Hosaini, H., & Agustin, L. (2021). ANALYSIS OF THE IMPACT OF EARLY MARRIAGE ON ADOLESCENT REPRODUCTIVE HEALTH BASED ON HEALTH PERSPECTIVES AND ISLAMIC RELIGION. UNEJ e-Proceeding, 103-107.
Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43-53.
Hosaini, H. (2020). PEMBELAJARAN DALAM ERA “NEW NORMAL” DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN JEMBER TAHUN 2020. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(2), 361-380.