Pola Interaksi Edukatif dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti

Authors

  • Juwari Juwari STAI Darul Ulum Banyuwangi. Indonesia
  • Imam Fahrurrozi STAI Darul Ulum Banyuwangi. Indonesia
  • Mufasilatul Wahidah STAI Darul Ulum Banyuwangi. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2021.5.2.99-110

Keywords:

Pola Interaksi, Edukatif, Pembelajaran PAI..

Abstract

Dalam sebuah pembelajaran yang bernilai edukatif diwarnai dengan interaksi yang terjadi antara guru dan murid. Interaksi dapat bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar dilakukan dan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dimulai. Dengan adanya interaksi yang baik berarti telah menjalin relasi antara guru dan murid yang baik, sehingga menibulkan rasa ketertarikan murid terhadap mata pelajaran yang akan meningkatkan minat murid dalam belajar, selain itu murid akan mampu memahami proses sosial dengan teman – temannya ataupun dengan pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalasis menggunakan analisis interaktif.  Dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pola interaksi edukatif yang dilakukan di kelas VII A adalah menggunakan tiga pola interaksi edukatif, 2) Pelaksanaan pola interaksi edukatif yang dilakukan di kelas VII A ini, dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Dengan dilakukannya penelitian ini, dapat diketahui bahwa interaksi edukatif tidak hanya terbatas dilakukan di dalam kelas, tapi juga bisa terlaksana di luar kelas

References

Ardayani, Lili. Proses Pembelajaran dalam Interaksi Edukatif, Itqan: Jurnal Ilmu - Ilmu Kependidikan Vol. 8 No. 2 tahun 2017

Irfan, Pengaruh Antara Pola Interaksi Edukatif Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Bima, Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, Vol. 1 No.2 tahun 2018

Karwati, Euis. Priansa Donni Juni. 2015, Manajemen Kelas, (Bandung: Alfabeta)

Majid, Abdul. 2012, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya

Soetomo, 1993, Dasar – Dasar Interaksi Belajar Mengajar, (Surabaya: Usaha Nasional)

Sy. Bariah, Guru dan Orang Tua dalam Interaksi Edukatif, Jurnal Intelektualita : Keislaman, Sosial, dan Sains Vol. 9 No. 2 tahun 2020

Wahyudi, Imam. 2012, Mengejar Profesionalisme Guru, (Jakarta: Prestasi Pustakarya)

Zamili, Moh. 2017, Riset Kualitatif dalam Pendidikan Teori dan Praktik. (Jakarta: Rajagrafindo Persada)

Sugiono. 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D, (Bandung: Alfabeta)

Downloads

Published

2021-12-21