Karakter Pemimpin Zalim

Dalam Penjelasan Hadis Nabi

Authors

  • Ardiansyah Ardiansyah UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61595/edukais.2023.7.1.1-18

Keywords:

Strategi, Guru PAI, SQ Peserta didik.

Abstract

It is sunnatullah that in life there are those who lead and those who are led. Between the leader and the led have a symbiotic relationship-mutualism or need each other. Learning from past history is a shared obligation to choose the ideal character of a leader in accordance with the traditions of the Prophet. This paper uses a type of qualitative research (Library Research) with a hadith thematic approach, the hadiths are traced using the syamilah maktabah to obtain data related to a predetermined theme, then conduct content analysis to obtain overall results and conclusions. The results of the research show that the hadiths found lead to the conclusion that tyranny is a very big sin, the characteristics of a leader who is unjust to his people is a disgraceful act.

References

Wiji Suwarno, 2006. Dasar-Dasar

Ilmu Pendidikan. yogyakarta: Penerbit

Arruzz Media Cet Ke 1.hal 21

Hasan Basri, 2009. Filsafat

pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Cet. Ke-1. hal. 53

Peraturan Perundang-undangan RI

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang, Sisdiknas &

Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010

Tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta

Wajib Belajar. Bandung: Citara Umbara. Cet.

Ke-4. hal. 2-3

Hasan Basri, Filsafat pendidikan

Islam. hal. 54

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni,

Teori Belajar dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Cet. Ke 2 .hal.

Peraturan Perundang-undangan RI

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang, Sisdiknas &

Peraturan Pemerintah RI Tahun 2010

Tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta

Wajib Belajar. Bandung: Citara Umbara. Cet.

Ke-4. hal. 271

Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry

Sutikno, 2007. Strategi Belajar Mengajar

Melalui Penanaman Konsep Umum &

Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama,

Cet. Ke- 1, hal 8

Hamdani, 2010. Srtategi Belajar

Mengajar. Bandung : Pustaka Setia, Cet. Ke -

, h.18

Le

xy J. Moleong, 2012. Metodologi penelitian

kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Cet. Ke 30. hal.4

Lexy J. Moleong, Metodologi

penelitian kualitatif. hal. 157-163

Moh. Nur Budi, Guru PAI SMA

Negeri 2 Situbondo, Wawancara Pribadi,

Situbondo, 26 April 2014

Syu’layya Farida, Guru

PAI/PBDKT SMA Negeri 2 Situbondo,

Wawancara Pribadi, Situbondo, 26 April

Amaliyah Rahmah, Siswa Kelas XI

IPA 1 SMA Negeri 2 Situbondo, Wawancara

Pribadi, Situbondo, 30 April 2014

Mudhaffar, Guru PAI SMA Negeri 2

Situbondo, Wawancara Pribadi, Situbondo,

Mei 2014

Syu’layya Farida, Guru PAI/PBDKT

SMA Negeri 2 Situbondo, Wawancara

Pribadi, Situbondo, 26 April 2014

Moh. Nur Budi, Guru PAI SMA

Negeri 2 Situbondo, Wawancara Pribadi,

Situbondo, 7 Mei 2014

Mudhaffar, Guru PAI SMA Negeri 2

Situbondo, Wawancara Pribadi, Situbondo,

Mei 2014

Syu’layya Farida, Guru PAI/PBDKT

SMA Negeri 2 Situbondo, Wawancara

Pribadi, Situbondo, 26 April 2014

Amaliyah Rahmah, Siswa Kelas XI

IPA 1 SMA Negeri 2 Situbondo, Wawancara

Pribadi, Situbondo, 30 April 2014

Moh. Nur Budi, Guru PAI SMA

Negeri 2 Situbondo, Wawancara Pribadi,

Situbondo, 7 Mei 2014

Mudhaffar, Guru PAI SMA Negeri 2

Situbondo, Wawancara Pribadi, Situbondo,

Mei 2014

Syu’layya Farida, Guru PAI/PBDKT

SMA Negeri 2 Situbondo, Wawancara

Pribadi, Situbondo, 26 April 2014

Moh. Nur Budi, Guru PAI SMA

Negeri 2 Situbondo, Wawancara Pribadi,

Situbondo, 7 Mei 2014

Mudhaffar, Guru PAI SMA Negeri 2

Situbondo, Wawancara Pribadi, Situbondo,

Mei 2014

Hamdani, 2010. Srtategi Belajar

Mengajar. Bandung : Pustaka Setia, Cet. Ke -

,. h.18

Hamdani, Srtategi Belajar

Mengajar. h.18

Rusman, 2012. Model-Model

Pembelajaran membangun profesionalisme

guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Cet.

Ke-5. hal.381

Al-ghazali, 2007.

Ringkasan Ihya’ulumuddin. Jakarta: Pustaka

Amini. Cet. Ke-2. hal. 437

Ngalimun, 2013. Strategi dan Model

Pembelajaran. Yokyakarta: Aswaja

Pressindo. Cet. Ke-2. hal. 15

Hasan Basri, 2009. Filsafat

pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Cet. Ke-1. 57

Downloads

Published

2023-07-23

Issue

Section

Articles